Mau Cari Apa? ٩(^‿^)۶

Memuat...

Sabtu, 25 April 2015

Momentum dan Impuls

--> PENGERTIAN MOMENTUM DAN IMPULS.

Setiap benda yang bergerak mempunyai momentum.
Momentum juga dinamakan jumlah gerak yang besarnya berbanding lurus dengan massa dan kecepatan benda.
Suatu benda yang bermassa m bekerja gaya F yang konstan, maka setelah waktu Dt benda tersebut bergerak dengan kecepatan :

                                                vt = vo + a . Dt
                                                vt = vo + F/m. Dt

                                           F . Dt = m . vt – m.vo

Besaran F. Dt disebut : IMPULS sedangkan besarnya m.v yaitu hasil kali massa dengan kecepatan disebut : MOMENTUM

m.vt  = momentum benda pada saat kecepatan vt
m.vo = momentum benda pada saat kecepatan vo

Kesimpulan

Momentum ialah : Hasil kali sebuah benda dengan kecepatan benda itu pada suatu saat.
                               Momentum merupakan besaran vector yang arahnya searah dengan
                               Kecepatannya.
                               Satuan dari mementum adalah kg m/det atau gram cm/det

Impuls adalah : Hasil kali gaya dengan waktu yang ditempuhnya. Impuls merupakan
                          Besaran vector yang arahnya se arah dengan arah gayanya.


Perubahan momentum adalah akibat adanya impuls dan nilainya sama dengan impuls.
                                     IMPULS = PERUBAHAN MOMENTUM



--> HUKUM KEKEKALAN MOMENTUM.

Misalkan benda A dan B masing-masing mempunyai massa mA dan mB dan masing-masing bergerak segaris dengn kecepatan vA dan vB sedangkan vA > vB. Setelah tumbukan kecepatan benda berubah menjadi vA’ dan vB’. Bila FBA adalah gaya dari A yang dipakai untuk menumbuk B dan FAB gaya dari B yang dipakai untuk menumbuk A, maka menurut hukum III Newton :

                                                         FAB = - FBA
                                                  FAB . Dt = - FBA . Dt
                                                (impuls)A = (impuls)B

                                    mA vA’ – mA vA = - (mB vB’ – mB vB)

                                    mA vA + mB vB  = mA vA’ + mB vB  

Jumlah momentum dari A dan B sebelum dan sesudah tumbukan adalah sama/tetap. Hukum ini disebut sebagai  

HUKUM KEKEKALAN MOMENTUM LINIER.

- TUMBUKAN.

Pada setiap jenis tumbukan berlaku hukum kekekalan momentum tetapi tidak selalu berlaku hukum kekekalan energi mekanik. Sebab disini sebagian energi mungkin diubah menjadi panas akibat tumbukan atau terjadi perubahan bentuk :

Macam tumbukan yaitu :

Tumbukan elastis sempurna, yaitu tumbukan yang tak mengalami perubahan energi.
Koefisien restitusi e = 1

Tumbukan elastis sebagian, yaitu tumbukan yang tidak berlaku hukum kekekalan energi mekanik sebab ada sebagian energi yang diubah dalam bentuk lain, misalnya panas.
Koefisien restitusi    0 < e < 1


Tumbukan tidak elastis , yaitu tumbukan yang tidak berlaku hukum kekekalan energi mekanik dan kedua benda setelah tumbukan melekat dan bergerak bersama-sama.
Koefisien restitusi   e = 0

Besarnya koefisien restitusi (e) untuk semua jenis tumbukan berlaku :


Sumber : adiwarsito.blogspot.com
Bisa juga dipelajari :



Cuma Dia (Selamat Ulang Tahun)

Hai, tugas lagi banyak nih. gapapas sih cuma sekedar info aja.
asal kalian tau, akhir ahir ini ummm lebih tepatnya akhir bulan ini, gue sering banget ngantuk. gatau kenapa. padahal gue udah cukup tidur, cukup makan ,cukup defekasi ,cukup minum, cukup cuci tangan, cukup mandi, perlu gue sebutin semuanya nggak? nggak kan? yaudah.
ah sudahlah lupakan. ini bener bener Pendahuluan yang sesuai dengan perincian dan sebab akibat.

Dari judulnya, dia siapa sih?
Dia yang dari dulu kerjaannya nge komplain semua hal yang nggak dia suka terlihat didepan matanya.

Minggu, 08 Februari 2015

Cara membuat Boneka Ondel Ondel dari Cock

Boneka Ondel ondel jakarta
Karena ada tugas dari Bu Nova yang paling di sayang jadinya gue semangaat banget buat bikin ondel ondelnya. Pas lagi bikin eh keinget blog yang udah hampir masuk daftar ahli kubur, yaudah iseng iseng buat jadi bahan postingan aja... langsung aja ya!
Nb: karena gue lagi males pake bahasa baku yang baik dan benar, gue pake bahasa campuran aja ya wkwk iya bahasa china *ditabok* maafkan daku bu sumi......

Bahan dan alat :
  • Cock ( kok bulutangkis)
  • Kain Flanel dan Kain batik Bekas
  • Gunting
  • Pensil
  • Jarum
  • Benang
  • Lem UHU
  • Manik manik/ payet
  • Spidol
  • Mata-mataan
  • Benang Wol
  • Jarum Pentul ( Jarum Kerudung )
  • MDF ( medium dnsity fibreboard) 
  • Plastik Jilid

Cara Membuat Boneka Ondel Ondel:

cock
1. Pertama, di cock itu kan ada kaya garis warna hijau/ merahnya gitu kan di sisi kepala buletnya. nah itu di cabut. selanjutnya potong kain batiknya ukurannyabebas, yang penting muat di bagian bawah koknya, lalu tempel di bagian bawah cock menggunakan lem UHU. (karena atasan baju ondel ondel lebih gede dari pada bawahannya jadi mendingan bikin yang bagian bawah dulu, abis itu bagian atasnya)

Boneka Ondel ondel


Boneka Ondel ondel


2. Kedua, potong kain flanel untuk di bagian badannya,tapi jangan langsung di tempel dulu. kalo bisa yang baju ini di jahit pake benang. setelah dijahit potong kain flanel yang bewarna sama dengan baju utama dengan ukuran kecil, ini untuk tangan ondel ondelnya. setelah itu jahit potongan kecil itu. kemudian dijahit lagi ujung potongan kecil kain flanel yang telah di jahit di sisi damping  baju utamanya. nah abis itu masukin baju utama ini ke cock nya dari kepala cocknya, pokonya kaya cara kita pake baju gitu deh dimasukin dari kepala dulu. nah bajunya bisa dihias pake manik manik atau yang lainnya.
Boneka Ondel ondel

Boneka Ondel ondel


Minggu, 18 Januari 2015

Menggambar Tanpa Pensil



mengambar tanpa pensil
hai apa kabar semuaa?
akhir akhir ini gue sering mantengin instagram yang entah punya siapa, di situ ada banyak gambar gambar keren gitu, karena tertarik gue nyoba buat gambar kaya yang gue liat. dan.. shit, gambar gue kaya gambar ~orang yang rambutnya rontok karena lagi nahan Ber*k~. oke gue  ngeri sendiri sama gambar gue sendiri, akhirnya gue gak mau nyoba nge gambar tanpa pensil lagi. iya, yang itu gue nge gambar tanpa pensil, alias langsung pake pensil warna..